-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Atasi Suara Burung Pleci yang Serak

Post a Comment
Cara Mengatasi Suara Burung Pleci yang Serak - Burung pleci adalah burung kecil mungil yang memiliki suara kicauan yang sangat merdu, bervariasi dan sangat indah untuk di dengarkan, tak heran bila banyak dari para kicau mania yang memilih burung ini sebagai burung masteran untuk jenis burung seperti murai, jalak suren, jalak koci, cucak ijo dan jenis burung kicau lainnya. Banyak pula yang memelihara burung pleci untuk di ikut sertakan lomba, tentunya burung yang sudah gacor dan memiliki mental fighter yang bisa mengikuti perlombaan tersebut.

Nah disini saya akan membahas tentang tips atasi suara burung pleci yang serak, memiliki burung pleci yang suara kicauannya serak akan membuat kalian menjadi bingung bagaimana cara untuk mengatasinya, tapi sebelum saya membahas ke intinya, ada baiknya kalau kita membaca sedikit tentang burung pleci satu ini.

Burung pleci banyak di gemari oleh para kalangan pecinta burung kicauan, hampir di setiap daerah dapat kita jumpai kalangan para pecinta kicau mania yang memelihara burung kecil ini, tak heran jika banyak yang menggemari burung pleci ini, meskipun burung pleci memiliki postur tubuh yang kecil, burung ini memiliki suara kicauan yang sangat keras, merdu dan bervariasi, Bahkan burung pleci banyak sekali diadakan kontes perlombaannya disetiap daerah.

Untuk masalah perawatan pada burung pleci ini terbilang sangat murah mudah sekali, tidak sesulit burung-burung lainnya. Di alam liar burung ini hanya memakan serangga-serangga kecil seperti ulat, laba-laba, kroto, belalang dan serangga kecil lainnya, kalau burung pleci peliharaan biasanya hanya kita berikan ulat kandang itupun sudah sangat cukup untuk menambah nutrisi pada burung pleci, dan untuk makanan tambahan kita bisa memberikan buah pisang.
Sangat mudah bukan untuk cara merawat burung pleci ini, nah bagi kalian yang suka memelihara burung kicauan dengan suara yang merdu, saya sarankan untuk memilih burung pleci, baik untuk dipelihara di rumah maupun dipelihara untuk di ikut sertakan dalam perlombaan.

Tips Atasi Suara Burung Pleci Yang Serak

Atasi Burung pleci yang serak

Langsung saja ke intinya tanpa berlama-lama lagi tentang cara tips atasi suara burung pleci yang serak, berikut caranya :
  • Kalian bisa memberikan larutan penyegar rasa buah, saya sarankan yang rasa leci. selain baik untuk manusia, ternyata larutan penyegar juga sangat baik untuk burung jenis apapun ini pun sudah terbukti oleh para kalangan kicau mania, saya sendiri sudah sering membuktikan pada burung pleci saya yang mengalami suara yang serak, dan hasilnya dalam beberapa hari suara burung pleci saya menjadi pulih seperti sedia kala, nyaring dan tidak serak lagi. Untuk pemberiannya, siapkan wadah cepuk kecil dan isikan dengan air larutan penyegar tersebut jangan dicampur air putih, ingat berikan saja di cepuk yang kecil jangan diberikan di cepuk besar karena bila di isi di cepuk besar kemungkinan akan di buat mandi oleh burung pleci tersebut dan akan mengakibatkan bulu burung menjadi lengket, lakukan secara rutin dan selalu periksa cepuk kecil tersebut, jika sudah habis kalian bisa menambahkannya lagi dengan larutan penyegar.
  • Cara kedua kalian bisa memberikan rebusan air bawang putih, siapkan bawang putih satu siung, gula pasir setengah sendok dan air putih satu gelas yang berisi 200 ml, untuk cara pembuatannya sangat mudah sekali, rebus air putih sampai mendidih lalu masukan bawang putih dalam keadaan utuh dan gula pasir yang telah disiapkan tadi, rebus kira-kira sampai air rebusan menjadi 100 ml atau menjadi setengah gelas, diamkan sampai dingin lalu taruh di dalam kulkas sampai air tersebut menjadi dingin, untuk proses pemberiannya silahkan  berikan rebusan bawang putih dalam satu cepuk kecil khusus untuk satu hari, jika tidak habis buang air rebusan lalu berikan lagi keesokan harinya sampai suara burung kembali nyaring sedia kala.
Nah itu tadi cara dan tips atasi suara burung pleci yang serak, bagi kalian yang sedang mengalami kasus seperti ini anda bisa mengikuti cara diatas, sebenarnya dengan menggunakan cara pertama diatas saja sudah cukup untuk memulihkan suara burung pleci yang serak, tapi jika ingin hasil yang maksimal, silahkan lakukan cara yang ke dua.

Demikian sedikit cara dan tips atasi suara burung pleci yang serak, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda para pecinta burung pleci yang sedang bingung untuk mengatasi suara burung pleci kesayangannya yang mengalami suara serak.

Terimakasih telah berkunjung di blog saya, semoga selalu diberikan kesehatan dan selalu dilancarkan rezekinya, dan bila ada salah kata mohon di maafkan, karena setiap manusia tidak pernah luput dari kesalahan, akhir kata dari saya salam kicau mania.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter