-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Merawat Lovebird yang Sedang Mabung

Post a Comment
Cara Perawatan Lovebird saat sedang Proses Mabung - Mabung merupakan sebuah kondisi yang akan di alami oleh hampir semua burung jenis apapun, dalam kondisi ini, burung akan mengalami kerontokan atau kebotakan pada bulu-bulunya. Meskipun pada akhirnya bulu tersebut akan kembali tumbuh dalam jangka waktu beberapa bulan.

Nah disini saya akan membahas tips cara merawat lovebird yang sedang mabung, Lovebird pasti juga akan mengalami kondisi mabung, namun bagi sebagian orang yang baru pertama kali memelihara lovebird pasti akan merasa kebingungan atau panik saat lovebird yang mereka pelihara sedang mengalami proses mabung, jadi langsung saja kita simak cara merawat lovebird yang sedang mabung.

Pada lovebird atau jenis burung paruh bengkok, terdapat 2 jenis mabung yaitu mabung keseluruhan atau sempurna dan mabung nyulam atau sebagian, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari gen, kondisi cuaca dan suhu di sekitarnya, selain itu, penanganan atau perawatan yang kita berikan kepada lovebird juga dapat mempengaruhi jenis mabungnya dan lamanya lovebird mengalami masa mabung.

Tips merawat lovebird yang sedang mabung

Cara Merawat Lovebird Yang Sedang Mabung

Pada umumnya, lovebird akan memasuki masa mabung pada usia 4 hingga 7 bulan, jika di beri penanganan yang tepat, kondisi ini tidak akan berlangsung lama atau hanya sekitar 2-3 bulan, namun, jika tidak di berikan penanganan yang tepat, lovebird bisa mengalami mabung dalam jangka waktu yang lebih lama, oleh karena itu, untuk kalian yang masih bingung cara merawat lovebird yang sedang mabung, ada baiknya jika kalian membaca tips-tips cara mengatasinya berikut ini.
  • Pindahkan sangkar lovebird ke tempat yang lebih sepi dan nyaman saat lovebird sedang mabung, hal ini di lakukan agar proses perontokan atau ngurak pada masa mabung dapat berjalan dengan lancar.
  • Tutup sangkar burung lovebird dengan kerodong selama mengalami masa mabung agar suhu badan lovebird tetap terjaga.
  • Jangan mandikan lovebird jika masih dalam masa mabung. Hal ini akan membuat bulu-bulu yang tumbuh menjadi alot dan kurang sempurna dalam pertumbuhan bulu barunya.
  • Jika kalian ingin menjemur lovebird, sebaiknya lakukan pada saat bulu-bulu lovebird telah mulai tumbuh.
  • Jangan lupa untuk memberikan makanan  tambahan berupa kangkung, kuaci, dan jagung untuk membantu memperlancar proses mabung pada burung Lovebird.
Selama lovebird mengalami masa mabung nya, sangat tidak di sarankan untuk menjemur burung ini, dikarenakan proses penjemuran dapat membuat bulu-bulu pada tubuh lovebird tidak dapat tumbuh dengan sempurna, oleh karena itu, sebaiknya kalian melatih kicauan burung lovebird selama proses mabung. Perbanyaklah menyetel suara kicauan-kicauan burung melalui mp3 atau handphone di dekat burung lovebird tersebut, dengan begitu, cepat atau lambat lovebird akan mengingat kicauan yang ia dengar dan akan mulai menirunya atau dengan kata lain memberikan suara masteran pada lovebird.

Selain itu, untuk cara merawat lovebird yang sedang mabung, kalian juga dapat memberikan tambahan lidah buaya untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu baru pada lovebird, sama dengan manusia, lidah buaya juga dapat membantu proses pertumbuhan bulu pada burung, untuk mempermudah proses lidah buaya yang akan kalian berikan pada lovebird, kalian bisa mencampurkan lidah buaya dengan air yang di gunakan untuk mandi lovebird, dengan begitu, lidah buaya dapat menempel ke seluruh bagian tubuh lovebird secara merata setiap kali lovebird mandi.

Nah itu tadi artikel tentang cara merawat lovebird yang sedang mabung, lakukanlah cara seperti di atas untuk perawatan lovebird yang dalam proses masa mabung, semoga dengan membaca dan memahami artikel diatas dapat membantu kalian semua.

Terimakasih telah berkunjung di blog saya, akhir kata salam kicau mania.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter