-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Merawat Anakan Burung Pleci

Post a Comment
Cara Merawat Anakan Burung Pleci - Hallo sahabat kicau mania bagaimana kabar anda semuanya, semoga selalu diberikan kesehatan dan selalu dilancarkan setiap urusannya. 
Masih membahas tentang burung pleci, kali ini saya akan berbagi tips merawat anakan burung pleci, burung pleci merupakan salah satu burung yang banyak di pelihara sebagai burung ocehan di rumahan atau di tempat kontes burung pleci yang semakin ramai dikalangan masyarakat, burung ini memiliki tubuh yang kecil dan warna cerah dan menarik perhatian, mesikipun memiliki tubuh yang kecil, burung pleci memiliki kemampuan berkicau yang sangat khas. Sehingga banyak orang yang memelihara burung ini sejak masih anakan karena akan mendapatkan hasil yang bagus.

Dengan memelihara burung pleci sejak masih anakan, pastinya kalian dapat melatihnya dengan lebih maksimal, sehingga burung yang kalian pelihara dapat mengeluarkan kicauan yang lebih indah dan lebih unik daripada memelihara burung pleci dari dewasa, selain itu, memelihara burung pleci sejak masih anakan akan membuatnya lebih jinak dan lebih mudah untuk mengaturnya.

Namun, kalian harus memberikan perhatian lebih jika memelihara burung pleci yang masih anakan, hal ini dikarenakan memberi makan burung yang sudah besar dan burung yang masih anakan memiliki metode cara yang berbeda, apalagi jika burung pleci masih belum bisa mencari makan sendiri dan harus di loloh, oleh karena itu, untuk kalian yang ingin memelihara burung pleci yang masih anakan, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian gunakan dan terapkan untuk merawat anakan burung pleci.

Tips Cara Merawat Anakan Burung Pleci

Tips Perawatan anakan burung pleci
  • Memberi Lolohan atau Pakan Yang Tepat
Pada umumnya anakan burung pleci yang di jual baik di media sosial ataupun di kios-kios pasar burung, masih berusia di bawah 1 bulan dan masih belum bisa mengambil makanan sendiri, sehingga kalian harus meloloh atau menyuapi makanannya setiap beberapa jam sekali, jika sudah berusia agak besar atau sekitar 2 - 3 bulan, barulah kalian bisa memberinya makanan seperti burung pada umumnya.

Untuk memilih lolohan yang tepat, kalian bisa membelinya di toko-toko burung terdekat, jika tidak kalian bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan voer yang di campur dengan sedikit kroto, pastikan tekstur lolohan tidak terlalu padat sehingga burung pleci akan lebih mudah saat menelannya, beri makan burung pleci setiap 2 jam sekali dengan porsi yang cukup. Sehingga burung akan tumbuh dengan lebih cepat dan lebih sehat.
  • Menyiapkan Kandang Yang Nyaman
Agar burung pleci dapat bertahan hidup dan selalu sehat, kalian harus menyiapkan kandang yang nyaman untuk burung pleci anakan tersebut pastikan kandang yang kalian sediakan tidak berada dalam jangkauan tikus, kucing, atau hewan-hewan pemangsa lainnya, sehingga burung pleci tidak akan merasa stres dan terancam.
Selain itu, usahakan untuk menjaga suhu di sekitar kandang burung tetap sejuk, ada baiknya jika kalian menyimpan kandang burung pleci di sudut area rumah atau dapur.
  • Sinar Matahari Yang Cukup 
Tips merawat anakan burung pleci berikutnya adalah Penempatan kandang juga harus memiliki sirkulasi udara serta pencahayaan sinar matahari yang cukup, sehingga suhu udara di dalam kandang tetap stabil dan tidak akan merusak organ-organnya yang masih lemah, selain itu, penyinaran yang cukup juga dapat menghindari pertumbuhan kuman dan virus yang dapat membawa penyakit pada burung.

Terapkan cara diatas untuk tips merawat anakan burung pleci dengan begitu burung pleci peliharaan kalian akan tumbuh menjadi dewasa, jinak dan sehat tentunya, hanya bermodalkan ketelatenan dan kesabaran untuk perawatannya saya yakin anakan burung pleci yang kalian rawat akan menjadi burung yang handal kelak saat menjadi dewasa.

Nah demikian tips cara merawat anakan burung pleci, semoga artikel saya ini dapat membantu dan bermanfaat bagi para sobat kicau yang sedang memelihara anakan burung pleci ini.

Terimakasih telah berkunjung di blog saya, bila ada salah kata mohon di maafkan karena manusia tidak pernah luput dari kesalahan, akhir kata salam kicau mania.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter