-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Merawat Anakan Burung Cucak Ijo Agar Sehat dan Tidak Mati

Post a Comment
Tips Perawatan Burung Cucak Ijo Anakan Supaya Sehat dan Tidak Mati - Kunci utama cara merawat burung cucak ijo anakan supaya tidak mati adalah ketelatenan dan kesabaran, kali ini saya akan membahas bagaimana cara merawat anakan burung cucak ijo agar sehat dan tidak mati.

Kita bisa mendapatkan anakan cucak ijo dengan cara membeli di pasar burung, biasanya harga burung anakan cucak ijo agak sedikit mahal dibandingkan dengan cucak ijo bakalan atau muda hutan, bisa juga kita mendapatkan anakan burung cucak ijo dari sarangnya langsung, tapi sangat sulit mencari sarang burung cucak ijo di alam liar.
Burung cucak ijo adalah burung yang sangat terkenal dikalangan para kicau mania, suaranya yang sangat merdu bervariasi membuat burung ini menjadi burung masteran handal, tidak jarang juga di setiap daerah di adakan lomba atau kontes burung seperti burung cucak ijo, burung kacer atau jalaak koci, burung murai, burung love bird dan masih banyak kontes untuk burung lainnya.

Nah bagi kalian yang mempunyai anakan burung cucak ijo, ini adalah kesempatan besar buat kalian untuk menciptakan burung yang handal nantinya setelah dewasa, yang perlu kalian ketahui jika memelihara burung anakan cucak ijo kalian harus telaten dan sabar, itu adalah kunci utamanya.

Setelah membahas sedikit tentang burung cucak ijo di atas, langsung saja kita ke intinya bagaimana cara merawat anakan burung cucak ijo agar sehat dan tidak mati.

http://kicaumaster89.blogspot.com/

Cara Merawat Anakan Burung Cucak Ijo Agar Sehat dan Tidak Mati

Persiapkan tempat untuk anakan burung cucak ijo

Untuk perawatan burung cucak ijo anakan yang masih lolohan, kita siapkan dulu wadah kecil untuk tempat anakan burung cucak ijo, berikan jerami kering atau alang- alang  di wadah tersebut, kita juga bisa beli sarang buatan yang biasanya di gunakan untuk burung kenari di toko pakan burung jika kesulitan mencari jerami atau alang- alang kering.
Siapkan juga lampu untuk penghangat di waktu malam hari contohnya lampu dop kuning yang 5 wat, perhatikan juga tempatnya agar terhindar dari serangga kecil yang bisa menggangu anakan burung cucak ijo contohnya seperti semut.

Pakan harian untuk anakan burung cucak ijo

Pakan yang bisa kita siapkan untuk anakan burung cucak ijo adalah sebagai berikut,
buatkan campuran voer basah dengan kroto atau perut jangkrik, pencampuran kroto atau jangkrik bertujuan agar burung bisa bertahan hidup sampai burung menjadi dewasa, karena anakan burung cucak ijo sangat membutuhkan asupan nutrisi yang cukup dalam pakannya agar burung menjadi sehat dan tidak mati, pemberian campuran kroto dan jangkrik bisa di berikan secara bergantian mengingat harga kroto yang sangat mahal, jangan lupa juga memberikan campuran Birdvit pada pakannya seminggu dua kali, bertujuan untuk menambahkan nutrisi pada anakan burung cucak ijo tersebut.

Cara pemberian pakan atau pelolohannya

Anda akan dengan mudah memberikan pakan atau melolohkan pakan dengan cara membuat campuran pakan tersebut menjadi adonan kental, anda dapat memberikan langsung dengan tangan tanpa bantuan alat lainnya, sesekali berikan air mineral pada anakan burung cucak ijo agar tidak tersedak saat memakan lolohannya.
pemberian pakan bisa anda lakukan sehari 4 sampai 5 kali pelolohan, dari pagi sampai malam.

Perawatan tambahan

Lakukan penjemuran saat pagi hari, untuk cara merawat anakan burung cucak ijo agar sehat dan tidak mati ini sangat penting sekali, sinar matahari pagi sangat penting untuk pertumbuhan anakan burung cucak ijo dan semua jenis burung lainnya, karena matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan.

Demikian tips tentang cara merawat anakan burung cucak ijo agar sehat dan tidak mati, semoga artikel kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian para kicau mania, terimakasih telah mengunjungi blog saya sampai jumpa di artikel saya selanjutnya,
Salam kicaumaster89.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter