-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja

Post a Comment
Tips Perawatan Pada Burung Kolibri Ninja - Siapa yang tidak kenal dengan burung kecil yang satu ini, suara kicauannya yang sangat indah, bentuknya yang kecil mungil, warnanya yang hitam berpadu dengan warna merah, kepala yang berwarna hijau metalik dan paruhnya yang panjang, ini adalah burung yang memiliki sebutan burung kolibri ninja atau konin.
Burung kolibri termasuk salah satu jenis burung yang dilindungi, burung ini berasal dari keluarga Nectarinidae jenis burung pemakan nectar atau madu.
Jadi untuk para kicau mania yang belum tahu cara merawat burung kolibri ninja bisa membaca artikel ini.

Di Indonesia burung ini banyak sekali digemari oleh para pecinta burung madu, selain suaranya yang indah ternyata di indonesia sudah ada kontes atau lomba untuk jenis burung pemakan madu ini.
Cara merawat burung kolibri ninja tidak beda jauh dengan cara merawat burung sogok ontong.


kicaumaster89.blogspot.com

Cara Merawat Burung Kolibri Ninja


Kita harus bisa menjaga kelestarian burung kecil pemakan madu atau nectar ini agar habitat mereka tidak sampai punah.

Melihat cara bertahan hidup burung ini di alam liar, burung ini hanya memakan madu atau nectar dari pohon ke pohon lain dan serangga kecil lainnya, kasihan kan kalau mereka sampai punah.

Kali ini saya akan berbagi tips cara merawat burung kolibri ninja.

Perawatan harian burung kolibri ninja.

Pada pagi hari saat matahari mulai terbit seperti biasa sama halnya dengan perawatan burung kicauan lainnya, jemur burung kolibri ninja kurang lebih dua jam karena burung kolibri ini termasuk burung yang tahan terhadap panas matahari. Keluarkan wadah cepuk air yang besar atau wadah tempat burung mandi, berikan pakan dan minumnya saja.

Setelah  proses penjemuran selesai, mandikan burung kolibri ninja masukan wadah cepuk besar yang berisikan air, atau di mandikan dengan cara mandi semprot.

Jemur lagi burung kolibri ninja kira-kira sekitar 10 menit saja untuk pengeringan bulunya, lalu angin- anginkan burung kolibri di teras atau di bawah pohon yang sejuk sampai pukul 15.00 sore hari.

Masukan burung kolibri ninja kedalam rumah untuk menghindari burung kolibri ninja kedinginan, karna angin sore juga tidak terlalu baik untuk burung kolibri peliharaan, beda dengan halnya burung- burung liar di alam bebas karena mereka sudah terbiasa hidup di alam liar mulai dari anakan.

Malam harinya kerodonglah burung kolibri ninja agar terhindar dari gangguan hewan kecil seperti nyamuk dan hewan kecil lainnya.
Lakukan cara merawat burung kolibri ninja seperti diatas.

Pakan harian untuk burung kolibri ninja.

Untuk pakan berilah burung kolibri ninja sebagai berikut.

kicaumaster89.blogspot.com


-Nectar buatan, kita bisa berikan nectar buatan dengan bahan larutan penyegar cap kaki tiga yang 200 ml, tiga sachet madu rasa dan tambahkan 50 ml sirup marjan (untuk rasa terserah anda).
Campur semua bahan diatas menjadi satu lalu kocok sampai semua bahan tercampur jadi satu, simpan di dalam kulkas, berikan nectar buatan ini untuk pakan keseharian burung kolibri ninja.

Nah itu tadi adalah tips cara merawat burung kolibri ninja, semoga cara di atas bisa membantu dalam perawatan burung kolibri ninja.
Terima kasih salam kicaumaster89.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter