-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Mengatasi Burung Sirtu Yang Macet Bunyi

Post a Comment
Tips Mengatasi Burung Sirtu Yang Macet Bunyi - Bagi kita yang sudah lama memelihara burung sirtu, pasti pernah mengalami yang namanya burung macet bunyi atau malas bunyi, hal ini adalah sesuatu yang wajar bagi para kicau mania, pasti kita akan menjadi bingung dan takut kalau burung sirtu kita tidak mau berkicau lagi, banyak cara yang dilakukan namun tidak membuahkan hasil, cara atasi burung sirtu yang macet bunyi tidak sesulit yang kita bayangkan.

Banyak sekali faktor penyebab burung sirtu macet bunyi atau malas bunyi, namun bagi para kicau mania yang hobi dan sudah lama memelihara burung sirtu ini pasti tidak khawatir dan bisa mengatasi masalah burung sirtu macet bunyi. Tapi tidak hanya burung sirtu saja yang mengalami macet bunyi, ada banyak jenis burung yang mengalami hal seperti ini contohnya burung murai, kacer, cucak ijo, cendet, dan jenis burung kicauan lainnya. Bagaimana cara atasi burung sirtu yang macet bunyi? simak artikel dibawah ini.


https://kicaumaster89.blogspot.com
Burung sirtu macet bunyi

Cara Atasi Burung Sirtu Yang Macet Bunyi

  Penyebab burung sirtu macet bunyi atau malas bunyi, biasanya mulai dari perawatannya yang kurang bisa juga dari kondisi kesehatan burung itu sendiri.
Berikut ini penyebab burung sirtu macet bunyi atau malas bunyi dan cara atasi burung sirtu yang macet bunyi.

  • Burung sirtu sedang dalam keadaan sakit

Biasanya burung sirtu yang sakit disebabkan karena cuaca dingin dan membuat burung menjadi lesu dan menjadi malas bunyi, cara atasi burung sirtu yang macet bunyi karna cuaca dingin adalah dengan memberikan air kelapa muda taruh diwadah minumnya, berikan air kelapa muda kepada burung sirpu pada pagi hari setelah burung sudah dijemur, buang air kelapa muda saat sore hari dan ganti yang baru. Karena air kelapa muda dikenal memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan stamina pada burung, serta memulihkan kondisi burung yang sedang sakit.
Bukan hanya burung sirtu cara ini juga bermanfaat untuk burung lainnya seperti murai, kacer, lovebird, kenari, cendet, cucak ijo dan lain sebagainya.
Lakukan cara ini selama 2 hari dan lihat hasilnya, burung akan kembali sehat dan aktif berkicau lagi.

baca juga

- cara merawat burung sirtu agar cepat gacor 

- cara merawat anakan burung sirtu 

- cara membedakan jenis kelamin burung sirtu jantan dan betina 


  • Burung sirtu yang sedang mabung, ngurak, moulting atau ganti bulu

Disitulah proses dimana pergantian bulu muda ke bulu tua, disinilah burung akan menjadi murung, lesu dan menjadi malas atau macet bunyi, cara atasi burung sirtu yang macet bunyi karena mabung dengan cara dikerodong setiap malam dan jangan dikeluarkan dari rumah pada siang hari, proses ini membutuhkan waktu sekitar 1 bulan lebih agar burung sehat kembali dan mulai berkicau seperti sediakala.


  • Perawatan tambahan cara atasi burung sirtu yang macet bunyi

Perawatan tambahan untuk burung sirtu yang macet bunyi dengan memberi burung sirtu kroto. Cara ini terbukti ampuh karena kroto banyak mengandung nutrisi yang tinggi bagi burung sirtu dan burung-burung lainnya dan dapat memulihkan stamina burung yang sedang loyo dan jangan lupa di kerodong pada malam harinya. Pemberian kroto dapat dilakukan pagi, siang, dan sore selama tiga hari, lihat perbedaannya burung sirtu akan kembali berkicau lagi dan aktif seperti keadaan sebelum burung macet bunyi.

Nah itu tadi tips cara atasi burung sirtu macet bunyi, semoga cara ini dapat membantu kalian para pecinta burung sirtu yang sedang macet bunyi, terimakasih telah mengunjungi blog saya.
Salam kicaumaster89.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter